Jumat, 21 Desember 2018

Teknik Pemupukan Tanaman Padi Yang Luarbiasa Namun Tak Semua Orang Mengetahuinya

Distributor Karung Beras & Karung Plastik - Lim Corporation

Padi menjadi salah satu tanaman yang terpenting dalam kehidupan kita. Sebutan Padi dari bahasa latin disebut dengan sebutan Oryza sativa L. Walaupun tanaman padi mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga bisa dipakai untuk mengacu pada jenis dari marga genus yang sama, yang umumnya disebut sebagai padi liar. Tanaman padi berasal dari India atau Indocina dan masuk ke negara Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari Asia sekitar 1500 Sebelum Masehi.

Bila anda sekarang adalah seorang petani maka anda tau bagaimana cara menanam dan merawat padi supaya mendapatkan panen yang berkualitas. Saat ini kita akan membahas perihal bagaimana cara memberi pupuk pada padi supaya mendapatkan panen yang berkualitas tinggi sehingga harganya dipasaran mahal.

Baca Juga:
Pupuk adalah sebagai sumber hara untuk tanaman padi yang berperanan penting dalam meningkatkan produktivitas tanaman pangan. Masalahnya adalah penggunaan pupuk kimia secara terus menerus pada dosis yang tinggi bisa berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar, dan menurunkan tingkat efsiensi penggunaan. Berkaitkan dengan hal – hal berikut maka perlu untuk meningkatkan keefsiensi pemupukan dengan cara mengelola pupuk secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan tanaman dan kondisi lahan agar menjadi lebih  produktivitas tinggi.

Berikut ini beberapa faktor yang akan menentukan keefsiensi penggunaan pupuk antara lain:
1. macam tanah
2. pengelolaan hama dan penyakit
3. varietas padi
4. waktu pemberian pupuk
5. musim dan waktu tanam
6. sumber/macam pupuk
7. tataguna air
8. rotasi tanaman, dan
9. pengendalian gulma.

Pemupukan ditingkatkan dengan cara – cara seperti berikut ini, yaitu :

1. Pupuk setelah disebar rata kemudian dicampur atau diaduk dengan lumpur, misalkan pemupukan bersamaan dengan menggaru atau melandak rumput, sehingga kehilangan pupuk tidak akan terjadi.

2. Pemupukan dilakukan saat air tidak mengalir, tetapi saat tanah dalam keadaan macak – macak, sehingga pupuk yang larut bisa cepat diikat oleh partikel – partikel halus dalam tanah.

3. Penetapan kebutuhan dan waktu pengaplikasi pupuk berdasarkan dari alat bantu seperti contohnya bagan warna daun untuk pupuk Nitrogen.

Hasil penelitian menjelaskan, pemakaian Bagan Warna Daun (BWD) dalam sebuah kegiatan pemupukan N bisa menghemat penggunaan pupuk urea sebanyak 15 – 20% dari takaran yang umumnya dipakai petani tanpa menurunkan hasil.


Teknik pemupukan tanaman padi

Teknik pemupukan tanaman padi emanglah cukup relatif, tidak ada ukuran secara pasti dari dosis dan waktu yang ditentukan, karena banyak sekali faktor yang harus diketahui. Struktur tanah dengan kondisi dari unsur hara yang berbeda – beda di tempat satu dengan yang lainnya, tentu memerlukan teknik – teknik yang berbeda dalam proses pemupukan tanaman padi.

Teknik 1
Bila anda bisa kombinasi pupuk tunggal ( Urea, SP-36 dan KCI ) perbandingan pupuk masing – masing jenis per hektarnya adalah sebagai berikut :

1. Pupuk Nitrogen (Urea) diberi sekitar : 200 kg – 250 kg
2. Pupuk Phospor (SP36) : 100 kg – 150 kg
3. Dan Pupuk Kalium (KCl) diberi sekitar : 75 kg – 100 kg.

Teknik 2

Bila anda memakai dosis pupuk seperti dosis diatas ( urea, SP36 dan KCI ) dan dengan pengecekan warna daun dengan memakai Bagan Warna Daun (BWD), kita dapat melakukan cara tanam seperti berikut ini :

1. Sebelum menanam 1 hari sebelumnya terlebih dahulu, sebarkan pupuk SP36 hingga 100 persen.

2. Sesuda berumur 1 minggu, anda dapat menyebarkan pupuk urea 30 persen dan KCl 50 persen.

3. Setelah proses ini, selanjutny yaitu pengecekan ( tes ) terhadap warna dari daun dengan BWD setiap seminggu sekalinya. Yang perlu anda amati ialah, semisalnya cek dulu apakah anda perlu penambahan urea atau tidak, Apabila memang dirasa perlu melakukan penambahan urea kira – kira 10 persen saja. Lalu lakukan pengecekan secara rutin seta berkala sampai tanaman padi sudah mencapai umur 40 hari.

4. Apabila telah mencapai umur 1 bulan anda dapat berikan lagi KCl 50 persen.

jual karung beras & karung plastik
Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk produk beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service 
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar