Selasa, 19 September 2017

Budidaya Padi Organik Dengan Metode SRI

analisa usaha budidaya padi organik,budidaya beras merah organik,budidaya padi gogo organik,budidaya padi organik,budidaya padi organik dengan metode sri,budidaya padi organik metode sri,budidaya padi organik sistem sri,budidaya padi organik sri,budidaya padi sawah organik
Budidaya Padi Organik
Pada saat melakukan Metode SRI ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk melakukan metode SRI, Berikut ini merupakan beberapa langkah budidaya padi organik dengan menggunakan metode SRI yang bisa dilakukan :

Melakukan penyemaian
Yang harus dilakukan ialah melakukan penyemaian terhadap benih-benih, Anda harus menyeleksi benih agar bisa mendapatkan benih yang terbaik. Untuk melakukan penyeleksian, sebaiknya Anda menguji benih di dalam air. Umumnya benih yang baik akan tenggelam bila dimasukkan kedalam air, sedangkan benih yang mengapung merupakan benih yang kualitasnya kurang bagus.

Kemudian uji kembali benih tersebut dengan cara memasukkannya ke dalam air yang telah diberi dengan garam. Apabila benih bersifat baik, maka benih tersebut akan tenggelam di dalam larutan tersebut, Setelah selesai diuji, masukkan benih tersebut ke dalam rendaman air selama 24 jam. Selepas itu keringkan dan peram selama 2 hingga 3 hari di tempat yang lembab. Tunggu hingga calon tunas sudah keluar, Setelah itu semaikan pada media tanah dan berikan pupuk kompos sebanyak 10 kg. Jika umur semai sudah mencapai 7 hingga 12 hari, berarti benih padi tersebut sudah siap untuk ditanam.

Penanaman
Lakukan pancaplakan atau pembuatan jarak pada tanaman sebelum ditanam, Biasanya jarak tanam yang baik dan sesuai dengan metode SRK sekitar 25 x 25 cm atau 30 x 30 cm, sebaiknya tidak terlalu rapat, Setelah itu, lakukan penanaman dengan memasukkan satu bibit di dalam satu lubang tanam. Namun penanaman jangan dilakukan terlalu dalam agar akar bisa bergerak dengan lebih leluasa.

Baca Juga :

Pengertian,fungsi,jenis-jenis dan manfaat Karung Beras

Pabrik & Distributor Karung Beras Berkualitas Tinggi
Jual Berbagai Macam Karung Beras di Sidoarjo
Definisi,fungsi,Manfaat Dan Keunggulan kantong Plastik Sampah

Perawatan
Anda bisa melakukan pengawasan setiap hari serta melakukan penutupan dan pembukaan pintu air secara teratur. Berikut ini merupakan panduan pengairan SRI yang dapat dilakukan :

- Anda dapat melakukan penanaman dengan cara dangkal tanpa digenangi oleh air. Tunggu hingga anakan sekitar 10-14 hari.

- Isi air agar bisa menghambat pertumbuhan rumput, pemenuhan kebutuhan air, dan melumpurkan tanah. Lalu biarkan air merendam tanah hingga tidak tersinari dengan sinar matahari. Lalu setelah itu biarkan tanah dialiri dengan air saja.

- Ketika sudah menginjak masa berbunga, sekitar berumur 2 bulan, sebaiknya genangi lagi dengan menggunakan air, lalu keringkan pada saat panen.

- Lakukan pemupukan pada 20 hari setelah tebar. Anda bisa menggunakan pupuk kompos sekitar 175-200 kg. Di saat melangsungkan pemupukan, Anda harus mengeringkan sawah dan menutup pintu air. Setelah 27 hari tebar, aliri sawah secara bergilir antara kering dan basah.

- Beberapa hama yang sering menyerang tanaman padi bisa ditangani dengan cara manual, misalnya melakukan penyemprotan dengan pestisida hayati, mencabut dan membakar tanaman yang telah terkena penyakit daun menguning, dan membuat orang-orangan sawah. Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa memakai bibit yang sehat dan melakukan pengaturan air yang baik.

Panen
Biasanya padi akan mulai berbunga pada saat berusia 2 hingga 3 bulan. Lalu abru dapat dipanen ketika pada usia sekitar 3,5 hingga 6 bulan, namun tetap disesuaikan dengan jenis dan varietasnya, Apabila Anda memanen pada lahan dengan luas sekitar 200 meter persegi, kemudian padi yang berumur sebentar (sekitar 3,5 bulan) diperkirakan akan memperoleh 2 kwintal gabah basah, atau setara dengan 1,5 kwintal gabah kering, atau 90 kg beras, Setelah dipanen, Anda bisa menjemur padi kurang lebih 1 sampai 2 hari, lalu baru dijual. Bisa juga dengan menggiling setelah menjemur, lalu baru dijual atau dikonsumsi sendiri.

Langkah - langkah di atas dapat anda peragakan untuk melakukan budidaya padi secara organik dengan metode SRI, Melakukan budidaya dengan memakai metode ini memang memiliki beragam keunggulan, antara lain hemat air, penggunaan benih lebih hemat, proses panen lebih cepat, produksi dengan jumlah yang lebih tinggi, hingga mampu menghasilkan padi yang sehat dan berkualitas.

Kami Lim Corporation juga menjual Bantal Silikon, Kantong Sampah, Karung Beras Dan Kami juga menjual alat - alat Pertanian & Perkebunan. Untuk info lebih lanjut klik -> DISINI <- Atau anda juga bisa hubungi kami di : SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 . Call dan WA hanya dilayani pada jam kantor pukul 08.15 -16.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar