Jumat, 09 November 2018

Pemakaian karung Plastik Sebagai Pengemas & Penyimpan Hasil Panen Gabah

Distributor Karung Plastik Indonesia - Lim Corporation

Negara kita negara Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian sangat luas. Negara yang memiliki 2 musim hal berikut ini memungkinkan banyak jenis tumbuhan yang bisa tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman yang sesuai ditanam di negara Indonesia ialah tanaman padi. Hampir di seluruh daerah di Indoensia pasti memiliki area persawahan. Hal seperti ini tidak mengherankan sebab salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yaitu beras. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang beranggapan belum makan bila tak memakan nasi.

Luasnya wilayah pertanian tentunya bisa berdampak dengan banyaknya stok gabah yang ada di Indonesia. jadi tidak heran bila banyak dari petani sampai dengan pemerintah yang memiliki gudang khusus untuk penyimapanan gabah. Penyimpanan gabah juga bertujuan untuk sarana persediaan apabila sudah masuk pada masa paceklik. Jadi wilayah tersebut tak terdampak bencana kelaparan.

Baca Juga : 
Penyimpanan gabah itu gampang-gampang susah. Kesalahan dalam menentukan timing mulai penyimpanan gabah akan berdampak pada rusaknya gabah. Apabila disimpan di tempat lembab besar kemungkinan gabah akan menghitam karena diserang jamur. Namun jika terlalu kering akan berdampak dengan patah-patanhya beras ketika penggilingan. Supaya gabah yang anda simpan tetap menghasilkan beras dengan kualitas baik, kami akan memberikan beberapa tips dalam penyimpanan gabah.

1. Pastikan kadar air gabah tak terlalu tinggi dan tak terlalu rendah. Pastikan gabah mempunyai kadar air sebesar 12%-14%. Seperti yang sduah dijelaskan di atas, gabah yang terlalu basah bisa berdampak dengan rusaknya gabah, sedangkan jika terlalu kering bisa merusak hasil olahan dari gabah.

2. Siapkan gudang tempat penyimpanan. Tempat yang akan dipakai untuk menyimpan gabah harus dipastikan kebersihannya. Hal ini tujuannya untuk menghindari adanya tikus yang berkeliaran. Anda juga harus memeriksa atap tempat menyimpan, jangan sampai ketika musim hujan tiba gabah yang Anda simpan menjadi basah karena tetesan air hujan. Pastikan bahwa tempat tersebut benar-benar steril dari hama pengganggu dan tak bocor ketika musim hujan tiba.

jual karung Plastik & karung beras
3. Gabah dimasukkan dalam karung plastik. Sebelum disimpan pastikan bahwa karung gabah dalam kondisi bersih. Hal ini untuk menjaga supaya tak ada hama atau kutu yang berasak dari dalam karung gabah. Beberapa yang harus Anda perhatikan dalam memilih karung gabah antara lain:
- Pastikan karung bisa melindungi seluruh gabah yang dimasukkan.
- Karung gabah yang dipilih adalah karung yang kuat dan tahan lama.
- Jangan sampai karung gabah yang Anda pakai menyebabkan kerusakan pada gabah Anda karena faktor kebersihan.

4. Jangan letakkan karung gabah langsung bersentuhan dengan lantai penyimpanan. Hal ini tujuannya untuk menjaga kelembaban dari gabah. Karung gabah yang langsung diletakkan di atas lantai besar kemungkinan akan mempunyai kadar kelembaban yang tinggi.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

5. Laksanakan pengecekan setiap 2 minggu sekali untuk memastikan bahwa gabah tak menjadi panas, tumbuh jamur, dan kemasukan kutu. Apabila gabah sudah terlalu lama disimpan ada baiknya Anda segera mengilingnya menjadi beras. Karena semakin lama gabah disimpan maka kualias dari beras yang dihasilkan tak akan semakin baik.

Kami menyarankan Anda menggunakan karung gabah sebagai media penyimpanan gabah sebab lubang yang dimiliki karung bisa membantu sirkulasi udara dari gabah yang disimpan. Tidak hanya itu karung gabah termasuk salah satu cara praktis untuk membedakan jenis tanaman padi. Kemudahan dalam memberikan label pada gabah akan membuat kita semakin gampang memberikan tanda dan memisahkan gabah sesuai dengan jenis dan kualitasnya.

Meskipun demikian, karung gabah tidak tahan dengan air dan tetap rentan dengan hama tikus. Tetapi hal tersebut bisa diminimalisir dengan pemilihan tempat yang tepat dan sesuai.


jual karung beras
* Info selengkapnya mengenai harga Karung Plastik klik DISINI

Jika anda membutukan dan memerlukan Karung untuk peking beras atau untuk digunakan lainya dengan harga murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Tutup).

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0287 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
- Minimal Order 5000 lembar
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto (tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-
   waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar